Home » » Makanan yang baik untuk penderita diabetes melitus (part1)

Makanan yang baik untuk penderita diabetes melitus (part1)

10 Makanan Terbaik Bagi Penderita Diabetes

Layaknya seorang yang normal penderita diabetes juga membutuhkan suplemen makanan yang sama seperti orang normal. Penderita diabetes boleh makan apa saja tetapi perlu diingat untuk tetap menjaga asupan kalori yang masuk sehingga tidak akan menaikkan gula darah anda dan juga jenis makanan yang beresiko menimbulkan kenaikan gula darah anda. Berikut ini adalah daftar makanan yang baik bagi penderita diabetes karena makanan dalam daftar kami memiliki indeks glikemik rendah atau GI* dan memberikan nutrisi penting yang penting bagi penderita diabetes seperti :
  •      kalsium
  •      kalium
  •      serat
  •      magnesium
  •      vitamin A (karotenoid), C, dan E.
Berikut ini adalah 10 daftar makanan tersebut.
  1. Biji-bijian. Anda tidak akan menemukan nutrisi yang lebih baik daripada yang disediakan oleh biji.
    Biji-bijian apapun jenisnya mengandung serat yang sangat tinggi, hanya sebanyak setengah cangkir saja kebutuhan serat harian anda akan terpenuhi sepertiganya, dan juga merupakan sumber potasium dan magnesium yang baik  
  2. biji-bijian diabetes
    Biji-bijian
  3. Sayur-sayuran berdaun hijau tua. Bayam, brokoli dan sayuran yang berwarna hijau gelap lainnya sangat baik bagi penderita diabetes karena sangat rendah kalori dan karbohidrat. Selain itu banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, contoh saja brokoli yang banyak mengandung kromium yang bermanfaat dalam mengatur insulin dan gula darah diharapkan konsumsi brokoli akan dapat meningkatkan fungsi insulin sehingga kadar gula darah menjadi normal. sebaiknya dikonsumsi mentah atau setengah matang. Ada juga bayam yang kaya akan leutin untuk kesehatan mata dan juga serat untuk mengatur gula darah sehingga sayuran berwarna hijau tua sangat direkomendasikan untuk penderita diabetes.

  4. Aneka Macam Jeruk. Jeruk mempunyai beraneka macam jenis baik itu lemon, nipis, manalagi, dll. Semuanya sangat baik karena memiliki vitamin c dan serat yang sangat tinggi. Anda tinggal pilih jenis jeruk mana yang anda suka sebagai konsumsi harian bagi penderita diabetes.
  5. Kentang. Di indonesia makanan pokoknya adalah nasi, sebetulnya ada banyak alternatif sebagai pengganti nasi salah satunya adalah kentang. Kentang kaya akan vitamin A dan serat dan juga mempunyai Indeks glikemik yang rendah. 
  6. Aneka Beri-beri. Apakah itu Strawberry, blueberry atau blackberry. Kesemuanya mengandung antioxidan, serat dan vitamin.
BERSAMBUNG disini makanan yang baik untuk penderita diabetes

*GI atau indeks glikemik sendiri secara sederhana adalah tingkatan atau rangking pangan menurut efeknya terhadap kadar glukosa darah

0 komentar:

Post a Comment